Thursday, July 13, 2017

Krisna Kriskop Kriscuy Krisdance

Akhir tahun 2012, sore hari di Kemang. Gue, S, T, I, dan A sedang belajar bareng buat ujian klasikal. Niatnya aja belajar, padahal sebenernya banyakan main. Kita main game komparatif random: satu orang sebut nama, orang di sebelahnya sebut nama, dan orang di sebelahnya lagi bikin pertanyaan "siapa yang lebih..?". Nama yang kita pake adalah nama temen-temen seangkatan. Game mulai sampai tibalah di pertanyaan sebagai berikut:
S: (nyebut nama orang)
I: Krisna
A: siapa yang paling pengen lo flush kalo ketemu??

T: hmm Krisna
C: Krisna sih
S: Krisna lah
I: ih ko tega sih. Krisna
A: yaudalah kalo ketemu flush beneran aja bahahahaha

Gue juga ngga ngerti kenapa kita bisa setega itu, padahal kenal-kenal banget ma Krisna juga ngga hahaha.. Mungkin karena penampilannya "meyakinkan" ya, you know tipikal anak ilmu komputer: kacamataan, kurus kecil (padahal anaknya ga kecil-kecil amat haha), bertatapan sendu, tampak sangat rohis, belum hembusan gosip yang bilang nih anak galau segalau-galaunya galau. Gosipnya ngga usah diceritain lah ya, biarlah tertiup angin bersama dengan remah-remah boncabe. 

Eh taunya pas jaman OJT, entah kenapa gue bisa jadi deket sama Krisna ini. Mungkin gara-gara sering pulang bareng kali ya. Selama perjalanan minimal sejam ke rumah, pasti ada aja yang diobrolin tuh, mulai dari omongan remeh temeh sampai omongan dari hati ke hati (azeq). Bahkan pas OJT ke daerah, bisa-bisanya gue bareng OJT sama anak ini! Tapi dari pertemanan selama itu, gue pun tau kalo ybs ternyata aslinya emang galau (ini mau diapain), tipikal anak informatika (yhaa ini juga mau diapain), ga rohis rohis amat (paling ngga tidak ada tirai di antara kita), tapi ga pengen bikin diflush ko. Tapi anaknya memang enak buat dibully (haha maaph eaa Kris), dan dia juga sepertinya menyerahkan diri untuk dibully. Jadi klop deh. 

Mengenai galaunya Krisna, ini udah jadi semacam trademark, kaya KrisnaGalau™. Dulu gue bahkan sempat merasa half annoyed half concerned karena beberapa hal yang dia bilang, apalagi kalo ceritanya cuma sepotong-sepotong. Tipe curhat yang bikin gue bertanya gemez "ini anak kenapa deh?". Kaya pengen gue krop dari kehidupan. Tapi lama kelamaan, si Krisna meng-embrace kegalauannya dan mulai bisa bersikap dalam kegalauan (apa sih ini bahahaha). Di fase inilah, half annoyed half concerned gue berubah menjadi "oh lagi galau, sini u mau cerita apa?". 

It is safe to say, that he already become one of my best friends. Tau kan tipikal temen kantor yang "Kris mau balik kapan? bareng dong" atau "cuy udah nonton ini belom? yok" atau "cuy eh ada gosip!". Gue jadi tau apa aja yang dia suka: pergundaman (tidak heran), DC (dan kaos-kaos DC andalan yang dipake nonton untuk menyatakan SIKAP), board game (kalo yang ini seru, gue pun jadi suka), hal-hal jejepangan (jaket Jepang yang dipake kapanpun dimanapun, ga peduli panas atau dingin. yha untung mainnya masi sama jaket bukan waifu), dan fotografi (hamdallah bisa difoto-foto kalo pergi bareng). Ditambah nih anak multitalenta: bisa nyanyi, bisa nari, ikut kepanitiaan ini itu, you name it. Bayangan gue tentang puncak seorang Krisna adalah: tiap wiken di apartemen saja, hari Sabtu jadwal ngelap dan mandiin gundam, hari Minggu jadwal nyuci film (yes dia punya kamera film) sendiri di kamar gelap menghasilkan foto-foto hasil stalking, dan saat upacara 17an dia nyanyi sambil nari sambil ngibarin bendera.

Dan selama beberapa tahun ini, ada beberapa hal memorable tentang ybs. Waktu 17an tahun 2014, gue nonton dia tetiba muncul jadi pembuka tari kolosal. Gue bangga dong ya "omg itu temen gue yang jadi monyet-monyetan! Temen gueee jadi leader dance crew sekantor!!". Gue pernah sampai pengen ketemu certain person yang bikin dia sedih, "oi mba why you doing what you doing now hmm? ga punya hati lo ya!" ala-ala kakak kelas SMA. Gue bangga waktu dia jalan-jalan sendiri ke Jepang (kenapa juga deh gue bangga hahaha macam anak gue aja). Gue ikut hepi waktu dia hepi karena menemukan si semacam. Gue pun hepi ngeledekin dia waktu dia lagi berantem sama semacam di Bagan hahahaha... Gue lebih hepi lagi karena akhirnya dia selangkah lagi menuju kepastian bersama si semacam.

Ada juga sih hal yang bikin gue bertanya-tanya. Kadang gue udah janjian ma nih bocah, entah makan nonton atau ngerandom, eh terus dia menghilang aja gitu. Hence Krisna lanang ilang. Ada masa dimana dia cerita kalo dia ngerasa ga yakin sama diri sendiri. Padahal yang gue liat adalah dia pekerjakeras, jarang komplain, dan dedicated. Lah ko bisa ngerasa ga pede. Tell me, how could you feel that? (ala ala video Afi)

Above all, I'm grateful to him for helping me survive certain shitty times. Gue juga bisa galau ko, dan waktu gue galau ini salah satu yang dengerin gue ya Krisna. Di suatu Sabtu malam yang shitty di satu restoran, gue nelepon dia sambil nangis di uber (iya di uber, maaf ya mas mas uber). Hampir sejam dia dengerin dan ngasi masukan. Besoknya dia langsung make sure kalo gue ditemenin makan karena dia tau kebiasaan gue kalo lagi stres ya ga makan. Beberapa bulan setelah itu pun, gue kadang masih cerita that shitty thing tapi in a less dramatic fashion. Dia masih dengerin semua cerita gue. Hampir setahun kemudian, di suatu sore di hari libur di restoran yang berbeda, namun masih karena hal shitty yang sama, gue nelepon dia lagi "Kris lo lagi di apartemen ga? Ketemu di mallnya ya". Jadilah gue nyamperin dia, kali ini in a much more dramatic fashion karena gue nangis bombay di Rice Bowl. He still listened, he still gave a word or two. Di antara banyak momen itu, hal yang paling membantu gue adalah omongan Krisna yang ini "he's not on your league". Ha, bener juga, kenapa juga gue sedih for a person beneath me?

Sekarang, tetiba anaknya dimutasi sama kantor. Jauh banget lagi ke Kupang. Gue sedih juga sih karena temen gue bakal jauh banget. Kalo gue berantem terus sedih lagi (yha amit-amit deh), gue harus nyamperin siapa dong? Temen pulang gue siapa? Tapi kalo dipikir-pikir, ko gue egois ya kenapa juga concern-nya tentang gue. Seketika gue ga sedih lagi, karena kalo gue melihat dari sisi dia, gue yakin dia bisa survive di tempat baru. Ya siapa tau bisa jadi agen tunggal Gundam Jaya di Kupang kan, atau jadi artis vlog yutuber "Sasando Krisna: mari belajar kebudayaan NTT. Please like comment and subscribe!". Gue hepi juga ngeliat dia punya kesempatan mengerjakan sesuatu yang baru, daripada lembur terus di tempatnya sekarang hahaha...

Sebenernya gue nulis post ini dalam rangka bikin kado perpisahan dia mutasi. Harusnya cuma nulis quote aja, but I think a mere quote is not enough to tell how I feel about our friendship. Holaa Kriskrop, kalo u baca ini (harus baca dong! awas u kalo ga baca!), thank youuu for putting up with all my drama, antics, and tears. Thank youuu for being my friend. Do know that you're worth more than you think. You deserve all of the good things in this world ok!

BTW ini quotenya:
“The wide world is all about you: you can fence yourselves in, but you cannot forever fence it out.” (JRR Tolkien)
Take care cuy in your new adventure! :)

Bonus foto-foto:
masa-masa OJT bersama geng Palembang. bakat menyanyi Krisna sudah tampak 

nonton gratisan sama Atid lengkap dengan drama: Kris: dimana cuy? gue udah di Sarinah. gue dan Atid: lah kita kan nontonnya di PI. Kris: .... yaudah gue kesana
dines ke Batam sekaligus main ke Singapore sama Riski dan Nita
ke comic con sama si gilingan pecel yang tau-tau minta ikut padahal ga ada yang ajak. Btw kaosnya Krisna sama deh sama pas main ke Singapore 

nonton balet beramai-ramai yeayy

perjalanan karir Krisdance. puncak pencapaian di antara jadi kardus atau jadi monyet-monyetan

main ke Bagan sama Nohan, mba Enggar, dan Zeckri
cieee berantem sampai betek di angkot :)))
new year eve 2017 sama Tice dan Nuno, jauh bedh mainnya ke Gading
siang menyongsong masa depan bersama dengan jaket jejepangan khasnya

No comments: